Sabtu, 30 April 2011

Islam tidak Mengajarkan Kekerasan

INDONESIA termasuk negara dan bangsa yang penduduknya religius. Mayoritas adalah muslim. Kerukunan hidup beragama secara umum relatif baik (positif). Meski bangsa Indonesia gabungan dari ratusan suku bangsa yang berbhinneka dengan masing-masing ciri, karakter, tradisi dan budaya, namun selalu menunjukkan kesatuan dan persatuan.

Hanya saja, akhir-akhir ini sering terjadi peristiwa kekerasan yang terasa mengusik kedamaian. Bentrok sering terjadi antara pendukung calon gubernur atau walikota dalam suatu pemilukada. Ada pula bentrok dengan anggota dewan, bentrok dalam pemilihan pimpinan suatu organisasi serta bentrok antara demonstran dengan polisi.

Ironisnya lagi, ada pula bentrok antara penduduk sebuah desa dengan penduduk desa lain, yang kadang-kadang hanya disebabkan hal yang sepele. Belakangan muncul bentrokan antara masyarakat dengan pengikut aliran Ahmadiyah yang sudah difatwakan MUI sebagai aliran sesat. Bahkan bentrokan ini telah menelan korban jiwa dan harta benda.      

Peristiwa bentrokan atau konflik selalu menghiasi halaman suratkabar dan tayangan televisi yang kadang-kadang juga telah memojokkan umat Islam. Memojokkan ormas-ormas Islam yang dituduh anarkis. Padahal ajaran Islam tidak pernah menyuruh umatnya melakukan kekerasan. Islam adalah agama yang damai, cinta keselamatan umat. Islam adalah rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Tapi memang harus diakui masih ada kaum muslimin yang sulit melepas belenggu per-mu-suhan, seakan-akan gemar memelihara konflik. Bahkan hal itu terjadi sesama muslim sendiri. Mengapa ini bisa terjadi? Bagaimana kiat menghidupkan kembali fitrah damai pada diri kaum muslimin? Tentu tidak mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Yang jelas, umat ini telah terkontaminasi dengan penyakit hati, seperti iri, dengki, sombong dan cepat emosional. Sehingga menimbulkan perasaan yang disebut SMOS (senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang).

Mereka yang memenuhi hatinya dengan kebencian, dendam, iri hati dan kesombongan, pada dasarnya telah menghancurkan fitrah damai dalam dirinya sendiri. Mereka telah merubah fitrah positifnya menjadi energi negatif yang merusak dan menganiaya diri sendiri.

Sebenarnya setiap hati manusia menolak perselisihan, konflik dan bentrokan atau peperangan. Tak ada satu orangpun di muka bumi ini yang merasa nyaman berada dalam suasana konflik. Atau ancaman keselamatan seperti teror bom. Di negeri kita yang penduduknya mayoritas beragama Islam, akhir-akhir ini selalu diresahkan berbagai kerusuhan. Di mana-mana terjadi bentrokan antara aparat keamanan dengan pelaku demo, tawuran antar pelajar, bentrok antar keluarga dan lain sebagainya.

Hal itu terjadi karena ego diri dan ego kelompok seringkali menutupi dan mengubur dalam-dalam potensi (fitrah) damai dalam diri masing-masing sehingga sifat “salam” tak lagi muncul.
Kesombongan yang dibungkus dengan berbagai alasan yang masuk akal, ambisi yang dikemas dengan sangat rapi dan “kepentingan” (egoisme pribadi dan kelompok) yang ditampilkan dalam bentuk “demi kehormatan diri, demi kehormatan kelompok”, demi dan demi yang lain seringkali menyumbat rapat-rapat fitrah damai. Akibatnya, yang keluar justru keinginan untuk menguasai, menaklukkan dan mengalahkan pihak-pihak lain.

Allah SWT yang memiliki asma dan sifat As-Salam (Maha Damai), telah meniupkan ruh kedamaian (milik)-Nya kepada setiap manusia, sehingga mereka secara fitrah mencintai dan berkecenderungan untuk selalu mewujudkan kedamaian. Meski batin manusia sering dilanda konflik, tapi pada dasarnya mereka tetap menginginkan hati yang damai, jiwa yang tenang (muthmainnah) dan batin yang sejahtera.

Aura kedamaian batin akan terpancar melalui raut muka yang berseri, dari mulut akan keluar kata-kata yang manis dan positif, langkah kaki yang indah serta perilaku yang santun dan beradab.
Apa yang dapat kita rasakan ketika berada di suatu tempat yang sejuk, diiringi suara gemercik air dan kicauan burung bersahut-sahutan. Harmoni alam telah menyulap suasana menjadi tenang, damai dan sejahtera.

Begitulah fitrah alam yang mengajarkan kepada kita tentang harmoni, kedamaian dan kesejahteraan. Itulah sebabnya setiap muslim, bila bertemu dengan sesama muslim, dianjurkan untuk menularkan energi positif melalui senyuman.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya menegaskan: “Senyuman ke wajah saudaramu adalah sedekah.” Senyuman tulus yang berasal dari jiwa yang ikhlas merupakan kekuatan yang amat dahsyat dalam mewujudkan kedamaian.

Senyuman seperti itu merupakan energi positif yang dapat mengubah suasana yang tegang menjadi lentur, yang bermuara kepada persahabatan. Apalagi jika diiringi jabatan tangan sambil mengucapkan salam.

Nabi SAW bersabda: “Apabila kamu saling berjumpa, maka sebaiknya kalian saling mengucapkan salam dan berjabat tangan. Jika kalian berpisah maka berpisahlah dengan ucapan istighfar.” (HR Ath-Thahawi).

Sebagai seorang muslim kita seharusnya menjadikan “salam” atau damai sebagai prinsip hidup.

Minggu, 24 April 2011

LOMBA MUSIK ISLAMI

Musik Islam mempunyai genre tersendiri dalam dunia musik. dalam perkembangannya, musik islami tak hanya bergenre timur tengah, akan tetapi merupakan campuran dari genre-genre musik lainnya, seperti pop, rap, jazz, bahkan punk juga ada.
STEI AL-ISHLAH dalam acara STEI Fest 1 akan mengadakan perlombaan, salah satunya Lomba Seni Musik Islami. Peserta harus membawakan 2 lagu, Lagu wajib dan Lagu pilihan.
Lagu wajib Untuk Lomba Seni Musik Islami, yaitu :
ST12 - Memuja-MU
Gigi - Pintu Syurga
Five Minutes - Ampuni Aku
Marvell - Sepreti Kapas
Zain Bhikha - Give Thanks To Allah
(klik untuk mendownload)

selain itu peserta bebas memilih lagu islami lainnya pilihan mereka sendiri.



Ketentuan Lomba
1.      Peserta adalah SMA/Sederajat se-wilayah III Cirebon
2.      Membayar uang pendaftaran Rp 50.000
3.      Formulir paling lambat dikirimkan pada tanggal 3 Mei 2011
4.      Tiap Peserta membawa 2 lagu
·      Lagu Wajib         : ST12 ‘Memujamu’, Gigi ‘Pintu Surga’, Five minutes ‘Ampuni Aku’, Marvels’Seperti kapas’, Opick ‘Taubat’, Zain Bhikha ‘Give Thanks To Allah’
·      Lagu Pilihan/tim
5.      Tidak diperkenankan music keras, direkomendasikan musik  akustik/slow
6.      Mengikuti Technical Meeting pada tanggal 3 Mei 2011 (Perwakilan)
7.   Pelaksanaan loma 12 Mei 2011


Cp: Fery 082127072924
      Jamal 082127672575

BEDAH BUKU "Merebut Masa Depan"

MEREBUT MESA DEPAN
Pemateri : Syamsudin Kadir


Sabtu 07 Mei 2011
Pukul 09.00 wib
Tempat  Aula STEI Al-Ishlah Bobos


Tiket
Rp 10.000,-/mahasiswa
Rp 15.000,-/umum


fasilitas
> Sertifikat
> Block note
> Snack
> Doorprice

Sabtu, 23 April 2011

13 Kejadian Alam yang Subhanallah Luar Biasa


Rahasia alam tidak ada habisnya untuk terus ditelusuri. Sang Pencipta menunjukkan keagunganNya dengan berbagai keindahan dan kejadian alam yang luar biasa yang hanya dapat membuat manusia berdecak kagum. Fakta Unik telah merangkum 13 Kejadian Alam yang Luar Biasa untuk Anda.

1. Moonbows / Pelangi Bulan

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6d/LunarRainbowVicFalls_small.jpg
Pelangi terjadi karena matahari bersinar pada tetesan-tetesan air embun, biasanya terjadi pada atmosfir setelah hujan. Moonbow lebih jarang terjadi, hanya dapat dilihat pada malam hari ketika bulan ada pada titik rendah pada saat bulan purnama sampai hampir purnama. Satu tempat popular untuk melihat Moonbow adalah di air terjun Cumberland di kentucky AS.

2. Mirages / Fatamorgana

http://inlinethumb22.webshots.com/34645/2656832380104181437S600x600Q85.jpg
Fatamorgana muncul ketika cahaya terbias dan menghasilkan gambar dari suatu object atau langit padahal sebenarnya tidak ada. Fenomena ini biasanya terjadi di permukaan panas, seperti jalan aspal atau gurun pasir. ( en.wikipedia.org )

3. Belt of Venus

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/06/Moon_and_red_blue_haze.jpg/800px-Moon_and_red_blue_haze.jpg
The Venus Belt / Sabuk Venus adalah fenomena yang muncul pada saat senja yang berdebu ketika sekumpulan langit kemerahan dan kecoklatan muncul diantara langit dan cakrawala. ( en.wikipedia.org )

4. Noctilucent Cloud / Awan Noctilucent

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d7/Noctilucent_clouds_over_saimaa.jpg/450px-Noctilucent_clouds_over_saimaa.jpg
Awan Noctilucent adalah awan yang sangat tinggi secara atmosfir yang membiaskan cahaya pada senja ketika matahari telah tenggelam, mengiluminasi/menyinari langit dengan sumber cahaya yang tak tampak. ( en.wikipedia.org )

5. Aurora Borealis

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/07/Aurore_australe_-_Aurora_australis.jpg
Pada belahan dunia selatan juga dikenal dengan nama Aurora Australis, Aurora Borealis adalah partikel bermuatan listrik dari matahari yang telah mencapai bagian teratas atmosfir bumi dan menjadi sangat aktif. Aurora biasanya sering terlihat di daerah dekat kutub dan pada waktu dimana siang dan malam sama panjang. (en.wikipedia.org )

6. Mammatus Clouds / Awan Mammatus

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/e/ed/Middleeastmamatus.JPG/800px-Middleeastmamatus.JPG
Bentuk awan yang aneh ini sering diasosiasikan dengan badai, dan tidak dapat dimengerti sepenuhnya bagaimana awan ini terbentuk. (en.wikipedia.org )

7. Fire Whirls / Pusaran Api

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9f/Fire-whirl.jpg
Fire whirls / pusaran api adalah tornado yang berputar terlalu dekat dengan kebakaran hutan atau pusaran yang terbentuk karena terdapat terlalu banyak panas di area tersebut. ( en.wikipedia.org )

8. Pyrocumulus Clouds / Awan Pyrocumulus

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a1/Wildfire_in_Yellowstone_NP_produces_Pyrocumulus_cloud.jpg/800px-Wildfire_in_Yellowstone_NP_produces_Pyrocumulus_cloud.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4f/Pyrocumulus_Cloud_Station_Fire_082909.jpg/800px-Pyrocumulus_Cloud_Station_Fire_082909.jpg
Awan Pyrocumulus adalah fenomena lainnya yang berhubungan dengan panas yang terbentuk karena panas yang meluas dan intens dari suatu daerah yang membentuk awan comulus. Gunung berapi, kebakaran hutan, dan ledakan nuklir (dalam bentuk mushrom clouds) adalah penyebab utama terjadinya pyrocumulus clouds. (en.wikipedia.org )

9. Sun Pillars / Pilar Matahari

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/82/FairbanksUAFLightPillars.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a1/Sunset_in_Saguaro_National_Park.JPG/450px-Sunset_in_Saguaro_National_Park.JPG
Sun pillars / pilar matahari timbul ketika matahari yang tenggelam memantulkan tinggi awan es pada lapisan yang berbeda. Hal ini menghasilkan pilar cahaya yang tinggi menjulang hingga ke langit. sangat mungkin juga untuk menyaksikan moon pilar atau pilar bulan. (en.wikipedia.org )

10. Virga

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2c/Nimbostratus_virga.JPG/800px-Nimbostratus_virga.JPG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9d/Virga_05.jpg/800px-Virga_05.jpg
Virga adalah fenomena yang terjadi saat kristal es di awan jatuh, namun menguap sebelum menyentuh tanah. Virga muncul seperti ekor / jejak dari awan yang menggapai permukaan tanah, kadangkala membentuk awan seperti ubur-ubur. ( en.wikipedia.org )

11.Katabatic Winds / Awan Katabatic

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b0/Vent_catabatique_-_Catabatic_Wind.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/71/Sea_ice_by_fruchtzwerg%27s_world.jpg/397px-Sea_ice_by_fruchtzwerg%27s_world.jpg
Ini adalah angin yang membawa udara padat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah karena gravitasi. Katabatic winds dikenal secara lokal sebagai santa ana (california selatan), mistral (mediterania), Bora (laut adriatic) Oroshi (jepang), Pitaraq(greenland), dan wailliwaw (tierra del fuego). Williwaw dan angin yang bergerak di atas antartika biasanya berbahaya, bertiup dengan kecepatan 100 knot. ( en.wikipedia.org )

12. Fire Rainbow / Pelangi Api

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/22/CircumhorizonArcIdaho.jpg
Fire rainbow adalah fenomena yang sangat jarang yang muncul hanya pada saat matahari sedang tinggi yang membuat sinarnya melewati awan cirrus yang tinggi yang berisi kristal-kristal es. ( en.wikipedia.org)

13. Green Ray

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/40/GreenFlash.jpg/800px-GreenFlash.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d2/Big_green_flash.JPG/800px-Big_green_flash.JPG
Juga dikenal dengan nama Green Flash. Fenomena ini muncul sangat singkat sebelum matahari benar-benar tenggelam dan setelah matahari terbit. Fenomena ini muncul sebagai kilatan / cahaya hijau diatas matahari yang berlangsung sangat cepat, biasanya hanya beberapa saat. Hal ini muncul karena pembiasan cahaya di atmosfir. (en.wikipedia.org )

Rabu, 20 April 2011

Penerimaan Mahasiswa Baru

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Beasiswa :
1. Siswa Berprestasi 10 Besar, dari Jumlah total per semester Rp. 1.250.000,- menjadi Rp. 600.000,-
2. TM (Test Masuk), beasiswa potongan biaya kuliah sebesar 60%

Jl. Imam Bonjol No. 13 Bobos Dukupuntang Cirebon
Tlp. (0231) 8344 763

SMS Center : 087829661260 (Sdr. Roma)

Fenomena Video Lipsing

Sudahkah anda menonton video “Polisi menggila” ala Briptu Norman ? Atau masih ingatkah anda dengan video Shinta dan Jojo? Mereka adalah para “pelaku” video lipsing yang pada akhirnya terkenal karena video mereka diupload dalam situs youtube. Ya, bagaimana mereka bisa menjadi begitu terkenal?
Fenomena ini sangat menarik untuk dibahas. Ketenaran mereka dari aksi unik dan lucu mereka yang sangat menghibur masyarakat. Lantas, mengapa masyarakat begitu menyukai video lipsing yang notabene bukan dari seorang artis dan justru dari kalangan masyarakat biasa? Jawabannya sangat sederhana, massayarakat sudah bosan dengan berita politik yang tidak berujung dan bahkan bosan dengan hiburan-hiburan dari media televisi manapun. Masyrakat sekarang lebih membutuhkan penyegaran hiburan yang justru dilakukan oleh kalangan non artis. Melalui sebuah situs (katakanlah Youtube), video ini dilihat oleh masyarakat Indonesia bahkan diunduh.
Mengingat fenomena ini, ada baiknya untuk melihat dari sisi positifnya, untuk video Shinjo (Shinta-Jojo) maupun video “Chaiya-Chaiya” ala Briptu Norman dapat begitu terkenal karena memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sekarang yang sudah mulai jenuh. Ya, ditengah mencuatnya stigma buruk dan seram kepolisian, video Briptu Norman ini dapat dikatakan memudarkan masyarakat akan pemikiran bahwa polisi itu seram, dingin, dan sebagainya. Karena video tersebut lebih menonjolkan sisi manusia seorang polisi apalagi video ini memang natural dan tidak dibuat-buat untuk kepentingan komersial (dalam hal ini justru untuk hiburan atau iseng semata).
Video-video lipsing yang kontroversial dengan pemikiran masyarakat itulah, yang dapat memberi penyegaran untuk dunia hiburan kepada masyarakat Indonesia. Bahkan, media-media juga menyambut baik untuk hal ini. Briptu Norman Kamaru tidak hanya diundang para pemilik media televisi dalam mengisi acara-acara seperti Opera van Java, Bukan Empat Mata, Dahsyat, bahkan diundang oleh para pejabat seperti Menteri.
Namun, terdapat kelemahan dalam video-video lipsing semacam ini. Sifat atau karakter orang Indonesia yang mudah tertarik sekaligus mudah bosan dapat menyebabkan ketenaran atas para artis video lipsing tidak akan bertahan lama. Sebut saja, video Shinta-Jojo yang sudah mulai ditinggalkan karena masyarakat sudah bosan. Dan, entah sampai kapan, video Briptu Norman ini tetap bertahan...



Senin, 18 April 2011

Apa itu Ekonomi Islam ?

Ekonomi syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah atau sistim ekonomi koperasi berbeda dari kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan (Welfare State). Berbeda dari kapitalisme karena Islam menentang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin, dan melarang penumpukan kekayaan. Selain itu, ekonomi dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah.

Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional

Krisis ekonomi yang sering terjadi ditengarai adalah ulah sistem ekonomi konvensional, yang mengedepankan sistem bunga sebagai instrumen provitnya. Berbeda dengan apa yang ditawarkan sistem ekonomi syariah, dengan instrumen provitnya, yaitu sistem bagi hasil. Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi kapitalis, sosialis maupun komunis. Ekonomi syariah bukan pula berada ditengah-tengah ketiga sistem ekonomi itu. Sangat bertolak belakang dengan kapitalis yang lebih bersifat individual, sosialis yang memberikan hampir semua tanggungjawab kepada warganya serta komunis yang ekstrim, ekonomi Islam menetapkan bentuk perdagangan serta perkhidmatan yang boleh dan tidak boleh di transaksikan. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha

Ciri khas ekonomi syariah

Tidak banyak yang dikemukakan dalam Al Qur'an, dan hanya prinsip-prinsip yang mendasar saja. Karena alasan-alasan yang sangat tepat, Al Qur'an dan Sunnah banyak sekali membahas tentang bagaimana seharusnya kaum Muslim berprilaku sebagai produsen, konsumen dan pemilik modal, tetapi hanya sedikit tentang sistem ekonomi. Sebagaimana diungkapkan dalam pembahasan diatas, ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. Selain itu, ekonomi syariah menekankan empat sifat, antara lain:
  1. Kesatuan (unity)
  2. Keseimbangan (equilibrium)
  3. Kebebasan (free will)
  4. Tanggungjawab (responsibility)
Manusia sebagai wakil (khalifah) Tuhan di dunia tidak mungkin bersifat individualistik, karena semua (kekayaan) yang ada di bumi adalah milik Allah semata, dan manusia adalah kepercayaannya di bumi. Didalam menjalankan kegiatan ekonominya, Islam sangat mengharamkan kegiatan riba, yang dari segi bahasa berarti "kelebihan". Dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 275 disebutkan bahwa Orang-orang yang makan (mengambil) riba. Riba itu ada dua macam : nasiah dan fadhi. Riba nasiah ialah pembayaran lebih yang disyaratkan oleh orang yang meminjamkan. Riba fadhi ialah penukaran suatu barang dengan barang yang sejenis, tetapi lebih banyak jumlahnya karena orang yang menukarkan mensy

Tujuan Ekonomi Islam

Ekonomi Islam mempunyai tujuan untuk memberikan keselarasan bagi kehidupan di dunia. Nilai Islam bukan semata-semata hanya untuk kehidupan muslim saja, tetapi seluruh mahluk hidup di muka bumi. Esensi proses Ekonomi Islam adalah pemenuhan kebutuhan manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam guna mencapai pada tujuan agama (falah). Ekonomi Islam menjadi rahmat seluruh alam, yang tidak terbatas oleh ekonomi, sosial, budaya dan politik dari bangsa. Ekonomi Islam mampu menangkap nilai fenomena masyarakat sehingga dalam perjalanannya tanpa meninggalkan sumber hukum teori ekonomi Islam, bisa berubah.

sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_syariah

Sekilas Tentang STEI Al Ishlah Cirebon


Perkembangan dan Kemajuan Ekonomi Islam (baca : Ekonomi Syariah) telah lama kita ketahui, namunsekarang ditambah dengan lahirnya UU No. 21 tahun 2008tentang Perbankan Syariah.
Dengan lahirnya UU Perbankan Syariah perkembangan Bank Syariah ke depan akan mempunyai peluang usaha yang lebih besar di Indonesia. Hal-hal ini yang membuka peluang besar pangsa Perbankan Syariah sesuai UU tersebut adalah :
 
Pertama. Bank Umum Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat tidak dapat di konversi menjadi Bank Konvensional, sementara Bank Konvensional dapat di konversi menjadi Bank Syariah (Pasal 5 ayat 7).
Kedua. Penggabunga (merger) atau peleburan (akuisisi) antara Bank Syariah dengan Bank Non Syariah wajib menjadi Bank Syariah (Pasal 17 ayat 2).
Ketiga. Bank Umum Konvensional yang memiliki Unit Usaha Syariah (UUS) yang nilai asetnya telah mencapai paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari total aset Bank induknya atau 15 (lima belas) tahun sejak berlakunya UU Perbankan Syariah, wajib melakukan pemisahan unit usaha syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah (Pasal 68 ayat 1).
 
Dari gambaran di atas, maka terbukalah peluang yang besar akan kebutuhan tenaga profesional dalam bidang Perbankan Syariah khususnya dan tenaga ahli bidang ekonomi Islam pada umumnya.
STEI Al-Ishlah yang yelah berdiri sejak tahun 2005, merupakan Lembaga Pendidikan Swasta yang pertama dan satu-satunya di wilayah Jawa Barat dan Banten yang mendapat izin resmi dari Pemerintah, siap menjadikan anda sebagai profesional (SDM) yang handal dan berkualitas dalam bidang Ekonomi Islam.
 
Visi : "Menjadi Pusat lokomotif Pengkajian Ekonomi Islam"
 
Misi
1. Mengkaji serta memperdalam sistem & model di dsarkan pada kaidah-kaidah dan tuntunan syariah Islam serta mengembangkan & mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan. 
2. Menghasilakan lulusan yang Profesional & kompeten sehingga mampu mengisi peluang & penciptaan lapangan kerja dalam skala lokal maupun nasional. 

sumber : http://stei-al-ishlah.blogspot.com





Profile Yayasan


Berawal dari aktivitas Da’wah yang dilakukan oleh Ulama asal Banten dan Cirebon tepatnya Desa Bobos, dengan membuka kawasan perkampungan dan PONDOK PESANTREN tahun 1850, oleh Bapak K. Adro’i bin Kalamuddin, Bapak Iyoh, Bapak Kuwu SAJIM dan H. Idris bin K. Adro’i, dan dilanjutkan oleh generasi penerusnya yang merupakan ahli waris atau keturunan dan murid dari tokoh - tokoh pendiri tersebut, dengan periode sebagai berikut ;

Periode Kebangkitan I
Berkisar antara tahun 1920 – 1950
KH.Ahmad Suja’i bin H. Idris (wafat tahun 1940), Abu Barkawi bin Abdul Qohar bin Iyoh (wafat tahun 1977), H.Solihin (wafat tahun 1979), H. Sobur (wafat tahun1982) K.H Asyikin Suja’I (1982), K.Abdulloh (wafat 1984)

Periode Kebangkitan II 
Berkisar antara tahun 1950 – 1990
K. Emet Ahmad Khotib (1925-1990), Syamsuri Ws, K. Hulaimi, K.Zainal Arifin bin H. Solihin, Abdul kohar bin Abu Barkawi, H. Asy’ari bin K. jazuli, H. Bahri bin Abdul Mu’in dan H. Dimi Dimyati bin H. Sobur.

Periode Peran Alumni  Berlangsung hingga saat ini

Pada periode kebangkitan II, tepat tahun 1970 berdirinya Lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah pertama dikabupaten Cirebon, menunjukan peran Pomdol Pesantren Al-Ishlah dalam dunia pendidikan di Kabupaten Cirebon dan empat tahun berselang yaitu tahun 1974
Berdirinya Madrasah Aliyah pertama di kabupaten Cirebon dan berdirinya YAYASAN ISLAM AL-ISHLAH resmi tercatat pada akta notaris Iskandar Wiramihardja, SH. No. 45 tahun 1974, dengan nama YAYASAN ISLAM AL-ISHLAH, sebagai induk kegiatan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Cirebon dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.



VISI
Mencetak generasi muslim paripurna (Khoerulfard) yang sehat fisik, sehat akal, dan sehat hati menuju terciptanya masyarakat Idaman (Khoerulfard)



MISI
Mengelola lembaga Pendidikan, Sosial, Dakwah dan Ekonomi dari tingkat paling rendah (mikro) sampai tingkat paling tinggi (makro) sebagai pengejawantahan konsep Ishlah -Tsamaniyah yaitu Ishlah al-Aqidah, Ishlah al-Ibadah, Ishlah al-Muamalah, Ishlah Iqtisodiyah, Ishlah al-Ijtimaiyyah, Ishlah as-Siyasah, Ishlah al-Usroh dan Ishlah at-Tarbiyah.

10 ALASAN MA AL-ISHLAH MENJADI PILIHAN


  1. Madrasah Aliyah Swasta yang tertua di Wilayah Kabupaten Cirebon yang selama kurang lebih 30 tahun menerapkan sistem pendidikan yang memadukan secara berimbang Kurikulum Lokal Yayasan dan Kurikulum Nasional.
  2. Telah banyak melahirkan kader-kader pembangunan di berbagai bidang kehidupan yang berkiprah dalam kehidupan Formal, Ke-Pemerintahan, dan maupun Ke-Masyarakatan.
  3. Mengedepankan keseimbangan pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur ajaran Islam.
  4. Para lulusannya dapat bersaing dengan lulusan sekolah-sekolah negeri dan swasta setingkat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, lulusan madrasah-madrasah swasta dan negeri di lingkungan Departemen Agama untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri.
  5. Dibina oleh tenaga-tenaga pendidik yang 90 % profesional di bidangnya masing-masing.
  6. Suasana keagamaan yang lebih kondusi.
  7. Penyelenggaraan metode pendidikan agama yang terpadu.
  8. Intensifikasi program Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
  9. Diberikan beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi dan kurang mampu
  10. Dapat tinggal di asrama dengan mengikuti berbagai kegiatan ke-pesantrenan
VISI MA:
Cerdas Intelaktual, Berakhlaku karimah, Terampil dan Kompetitif. 

MISI MA :
  1. Menciptakan lingkungan madrasah sebagai miniatur kehidupan Islami;
  2. Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif dan efesien dengan memadukan kurikulum Depag dan Yayasan Islam Al-Ishlah;
  3. Menumbuhkembangkan semangat kompetitif siswa dalam kompetensi individual melalui kegiatan ekstra kurikuler
PROGRAM :
  • Kurikuler : Seluruh Kegiatan Proses Belajar Mengajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan bidang studi atau mata pelajaran tertentu, dan spesialisasi bidang kajian IPA dan IPS yang ditunjang dengan penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi.
  • Ekstra Kurikuler : Kegiatan di luar jam pelajaran dalam rangka membina dan mengembangkan potensi siswa sejak dini berupa kegiatan Olah Raga, Ke-Pramukaan, Pasukan Khusus (Pasus), Paskibra, Apresiasi Seni dan Budaya Islam,
  • Intensifikasi B. Inggris dan B. Arab.
SARANA DAN PRASARANA :
  1. Memiliki gedung sendiri yang permanen dan representatif
  2. Laboratorium IPA (Fisika, Kimia dan Biologi)
  3. Laboratorium Komputer
  4. Lab Bahasa
  5. Sarana Olah Raga (Bulu Tangkis, Bola Volly, Bola Basket, Tenis Meja dan dekat dengan Lapangan Sepak Bola)
TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
Tenaga Pengaja/Pendidik MA Al-Ishlah terdiri dari lulusan S1 dan S2 yang profesional di bidangnya masing-masing lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta.
Drs. Abdul Rosyid, M.Pd
Drs. Mamat Makyudin
Agus Wahyu, S.Pd.I
Nasrudin, MA.
Drs. H. A. Djoharuddin,
A. Shodikin, S.Ag.
A. Rosyadi, S.Sos
Dede Muzaki, MH.
Rokhaemah, SAg
Sumitra, S.Pd.I
A.A. Khozin, MA.
Syaiful Imam, S.Si
Ujen Zaenal M. S.Pd.I
Usep Saepudin, Z. M.Pd.I
Witri Wihanati, S.Pd
Ade Suratno, S.Pd
Dra. Rodiah
Dra. Iis Hasbiyah
Drs. Didi Sumardi, M.Pd.I
Subagyo, S.Pd
Titi Atiyah D, S.Pd
Tukino, S.Pd
Mulyana S.Pd
Ermaya Mauludin
Ahmad Dudi, S.Sos
Nur Syahidin, S.T.M
Rokhaemah,  S. Ag.

Para Guru Dan Karyawan MA Al-Ishlah Juga selalu dibina oleh para pakar pendidikan dan Manajemen  dari Dewan Pembina Yayasan Islam Al-Ishlah Bobos  setiap 3 bulan sekali, diantaranya:
1. Prof. Dr. Khaerul Wahidin (Rektor UMC)
2. Prof. Dr. Adang Djumhur, MA (direktur Pasca  STAIN Cirebon)
3. Dr. Abdussalam, MA (Wakil Direktur Pascasarjana STAIN Cirebon)
4. Dr. Akhmad Kholiq MA, (Dosen Pascasarjana STAIN Cirebon)
5. Drs. H. A. Rifa’i, MA (Kepala Kandepag Majalengka/Ketua  Pembina)
6. Drs. Karna Sobahi, M.Pd (Wakil Bupati Majalengka).
7. KH. Asy’ary Jazuli (Sesepuh Pondok Pesantren Al-Ishlah)
8. KH.  Zaenal Arifin (Sesepuh Pondok Pesantren Al-Ishlah)
9. Ust. Hajam Masy’ali, MA (Ketua Yayasan Islam Al-Ishlah)

SUMBER :  http://maualishlah.wordpress.com/category/sekilas-ma/

PROFIL MADRASAH

Nama Madrasah   : Madrasah Aliyah Al-Ishlah Bobos
Nama Kepala MA  : Drs. ABDUL ROSYID, M.Pd
Pendidikan Terakhir Kepala Madrasah : Sarjana S2 (Manajemen Pendidikan) Universitas Pakuan Bogor
Berdiri Tahun       : 1974
NSM                     : 31.2.32.11.23.285
Tahun Akreditasi : 1999
Predikat Akreditasi : TERAKREDITASI B
Alamat Sekolah      : Jalan Imam Bonjol No. 89 Desa Bobos Kecamatan Dukupuntang
Kabupaten Cirebon 45652 Telp. (0231) 8344987


KOMPONEN
A. Proses Belajar Mengajar
Visi Madrasah : Cerdas Intelektual, Berakhlakul karimah, Terampil dan Kompetitif
Misi Madrasah :
a) Membangun dan Menciptakan Lingkungan Madrasah yang Bernuansa Islami
b) Melaksanakan KBM secara efektif dan efisien dengan memadukan Kurikulum Depag dan

muatan lokal Yayasan.
c) Menumbuhkembangkan semangat kompetitif siswa dlam kompetensi individual melalui

berbagai kegiatan ekstra kurikuler
Jumlah Siswa : 170 siswa
Jumlah Rombongan Belajar : 6 KELAS

Kelas   X        : 2 Kelas
Kelas XI         :  2 kelas terdiri dari 1Kelas IPA dan 1 Kelas
Kelas XII        :  2 kelas terdiri dari 1Kelas IPA dan 1 Kelas


KURIKULUM YANG DIGUNAKAN
Kurikulum Nasional, Depag dan Lokal Yayasan
Nilai RATA-RATA UAN
Tertinggi : 50,75          Terendah :46,85

KONDISI SISWA DAN LULUSAN
Jumlah siswa yang mendaftar tahun lalu : 85 orang
Jumlah siswa yang diterima                     : 70 orang
Jumlah siswa yang lulus UAN/UAS : 63 orang

jumlah siswa tidak lulus                 :  0 orang
Jumlah siswa yang tercatat melanjutkan ke jenjang selanjutnya: 50 orang
Terdiri dari: a. Perguruan Tinggi Umum Negeri : 12 orang
b. Perguruan Tinggu Umum Swasta : 10 orang
c. Perguruan Tinggi Islam Negeri : 10 orang
d. Perguruan Tinggi Islam Swasta : 8 orang
Siswa yang tidak melanjutkan : 13 orang (Bekerja di berbagai bidang dan perusahaan nasional dan internasional)


KONDISI TANAH DAN GEDUNG
Tanah Wakaf bersertifikat dan gedung berlantai 2 dan permanen
1. Luas Tanah : 1200 m2
2. Luas Bangunan : 448 m2
3. Jumlah Ruang Belajar : 6 Ruang
4. Jumlah Ruang Perpustakaan : 1 Ruang
5. Jumlah Ruang Laboratorium : 1 Ruang
6. Jumlah Ruang Komputer : 1 Ruang
7. Peralatan Olah Raga : 12 Set

Pendidikan Terakhir Kepala Madrasah : Sarjana S2 (Manajemen Pendidikan) Universitas Pakuan Bogor
10. Jumlah guru seluruhnya : 23 Orang

11. Jumlah Guru Telah S2     : 8  Orang
11. Jumlah guru yang pendidikannya sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkannya : 23 Orang
12. Jumlah Tenaga TU : 3 Orang
13. Jumlah Tenaga Lab : 4 Orang

14. Jumlah Guru Bp/BK : 1 Orang
15. Jumlah Tenaga Perpustakaan : 1 Orang
15. Jumlah Office Boy: 1 Orang


MANAJEMEN MADRASAH
Manajemen madrasah yang digunakan adalah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

KULTUR DAN LINGKUNGAN
Kultur Lingkungan Madrasah Aliyah Al-Ishlah terdiri dari berbagai macam organisasi masa  Islam (NU, Muhammadiyah, PUI, Persis, Tarieqat, Jamaah Tabligh. dll), dan Organsasi Kemasyarakatan lainnya. MA al-Ishlah  berada di bawah naungan Yayasan Islam Al-Ishlah yang memiliki berbagai lembaga lainnya mulai dari PAUD, TK Islam/RA, Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), MI, MTs, MA, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al-Ishlah,  Program S2 bekerjasama dengan universitas Darul Ulum Jombang, Pondok Pesantren Putra dan Putri (Terpisah), Jama’ah Pengajian Ibu-ibu Seninan, Jama’ah Bapak-Bapak Raboan, Jama’ah Pengajian Kaula Muda. Disamping itu pula memiliki desa-desa binaan.

LETAK GEOGRAFIS :
MA Al-Ishlah terletak di pinggir jalan Propinsi Bandung – Cirebon Via Rajagaluh Majalengka yang mudah diakses dari segala jurusan dan berbagai jenis kendaraan umum maupun pribadi.  berada di Kaki Gunung Ciremai berdiri kokoh dan disebelah utara Gunung Kuda membuat udara MA Al-Ishlah terasa sejuk. Sekitar 1Km sebelah Timur Pasar Kramat dan 7 Km ke timur  adalah Kota Kabupaten Sumber. Sebelah Timur Laut merupakan Obyek Wisata  Telaga Remis dan Zona Ikan Bakar. Sebelah Barat adalah  Obyek Wisata Telaga Herang dan Kolam Renang serta Obyek Wisata Kuliner Durian Sinapeul dan Mangga Gedong. Desa Bobos Sendiri merupakan daerah industri penambangan dan kerajinan batu alam dan kompor minyak tanah.

Kegiatan Ekstrakulikuler Siswa dan Siswi MA Al-Ishlah terdiri dari :

OSIS, Pramuka, Paskibra, PKS, PMR, Pasus, Sanggar Seni, Tater, Group Band Musik, Drum Band, Sinpala. Group Shalawat dan Qosidah Modern.

PROGRAM UNGGULAN MA ASL-ISHLAH BOBOS;
  1. Shalat Dhuha
  2. Praktek Ibadah: Wudhu, Shalat Wajib, Shalat Sunnah Rawatib, Shalat Khauf, Shalat Khusuf, Shalat Ketika Perang, Shalat Jum’at Shalat Istisqo, Shalat Jenazah, Sahalat Idul Fitri dan Idul Adha, Memandikan Jenazah, Mengkafani Jenazah, Menguburkan Jenazah, Khutbah ; Jum;at , Idul fitri, Idul adha, istisqo, khusuf, kurban, haji, Imam Shalat Jama’ah, tahlilan, dll.
  3. Praktek Kultum siswa setiap pagi
  4. Tadarus Al-Qur’an Setiap Awal Pelajaran
  5. shalat Jama’ah
  6. Kegiatan Keputrian setiap hari oleh bimbingan guru agama putri
  7. Test Hafalan Qur’an dan  Praktek Ibadah tiap semester dan menjadi syarat ikut ulangan akhir semester
  8. Mabit (Bermalam 1 hari di Pesantren bagi siswa non-pondok untuk bimbingan kerohanian dan shalat tahajud.
PROGRAM KERJASAMA PEMBIAYAAN BEASISWA BAGI SISWA BERPRESTASI DAN TIDAK MAMPU
  1. BKM (Pemerintah)
  2. BAITUL MAAL AL-ISHLAH
  3. UJKS
  4. BAZIS KAB. CIREBON
  5. BAZ MUSHOLA NURUL IHSAN
  6. GURU DAN ORANG TUA ASUH
  7. ORBIT
PROGRAM BEASISWA UNTUK PERGURUAN TINGGI
IPB, ITB, UI, UGM, UPI BANDUNG, UIN YOGYAKARTA, UIN BANDUNG, UIN JAKARTA, UIN MALANG,  ITS, UNDIP , KOPIN JATINANGOR SUMEDANG, UNJ, UMY, UAD YOGYAKARTA, STAIN CIREBON dll.

sumber :  http://maualishlah.wordpress.com/2008/12/01/profile-ma-al-ishlah-bobos/

Minggu, 17 April 2011

Visi dan Misi STEI Al-Ishlah

Visi

Menjadikan STEI Al-Ishlah Bobos Cirebon sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi dan Pusat pengkajian Ekonomi Islam yang unggul dalam IMTAQ dan perkembangan IPTEK.


M i s i

STEI Al-Ishlah Bobos mempunyai misi:
  • Mengkaji serta memperdalam teori-teori ekonomi, manajemen, keuangan dan perbankan didasarkan pada kaidah-kaidah dan tuntunan syari’ah Islam serta mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan.

  • Mengembangkan ketrampilan dan profesionalisme lulusannya dalam kegiatan Ekonomi, manajemen, keuangan dan Perbankan berbasis Syari`ah Islam.

  • Memberikan pelatihan berbagai bentuk ketrampilan yang diperlukan sebagai profesional dalam kegiatan ekonomi, manajemen, keuangan dan perbankan berbasis syari’ah Islam, sehingga mampu mengisi peluang kerja dalam skala lokal maupun nasional.

Tujuan 

1. Diselenggarakannya pendidikan tinggi ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa memiliki standarisasi profesi dan akademik sebagaimana tercermin dalam PP No. 60 Tahun 1999 sebagai berikut:


  • Kecerdasan spiritual yang ditandai dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

  • Kecerdasan intelektual yang ditandai dengan kemampuan akademik dan profesional serta mampu mengembangkan khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Kecerdasan emosional yang ditandai dengan memiliki tanggung jawab keilmuan dan kemampuan mengatasi problema yang ditemukan dalam melaksanakan bidang pekerjaan yang menjadi tugas-tugasnya.


 2. Secara terfokus, tujuan pendidikan STEI Al-Ishlah adalah untuk menghasilkan para sarjana atau alumni yang mampu menjadi:

  • Ilmuwan (Expert) dan akademisi dalam bidang ekonomi, manajemen, keuangan dan perbankan berdasarkan syari’ah Islam.

  • Profesional dan Eksekutif lembaga bisnis yang dikelola secara syari’ah Islam.

  • Pengusaha dan praktisi ekonomi yang menerapkan nilai-nilai Islam.

Lomba Lintas Alam


Ketentuan Lomba Lintas Alam

Ketentuan Umum
1.     Formulir dikirimkan paling lambat  5 Mei 2011
2.     Menyerahkan Fotocopy Kartu Identitas (Osis) yang masih berlaku
3.     Kategori pemenang: Juara umum, putra/putri
Ø Juara umum      : Piala bergilir STEI AL-ISHLAH+ Tropi+ uang pembinaan Rp 500.000,-
Ø Juara Putra         : Piala bergilir STEI AL-ISHLAH+ Tropi+ uang pembinaan Rp 300.000,-
Ø Juara putri          : Piala bergilir STEI AL-ISHLAH+ Tropi+ uang pembinaan Rp 300.000,-

4.     Pengumuman juara tanggal 14 Mei 2011 di aula STEI Al-Ishlah (Pada saat acara Seminar Ekonomi islam “Telaah surat Al-Baqoroh Ayat 282 sebagai sistem pencatatan akuntansi”
5.     Membayar uang pendaftaran Rp 75.000/regu
6.     Mengikuti Technical meeting pada tanggal 3 Mei 2011(Perwakilan)

Ketentuan Khusus
1.     Peserta adalah pelajar SMA/Sederajat se-wilayah III Cirebon
2.     Kriteria penilaian lomba:
·        Ketepatan waktu
·        Kekompakan Tim
·        Wawasan/pengetahuan Alam

Alamat Pendaftaran
Kampus 1: Sekertariat Kampus STEI  Al-Ishlah Bobos Cirebon Jln raya Imam bonjol Dukupuntang Cirebon 45652
C p:    1. Irfan        : 087724446000
           2. Iis  : 081946892603


LAMPIRAN
Daftar peralatan dan perlengkapan peserta yang harus di bawa (Bahan acuan):

No
Nama barang
jumlah
1
Tas ransel (Careel)
1
2
Plastik besar (Trush bag)
1
3
Velples(Tempat air)
1
4
Ponco (jas hujan kotak)
1
5
Pakaian lapangan + ganti
1stel
6
Jaket/ baju hangat
1
7
Topi rimba
1
8
Sepatu lapang
1psg
9
Kaos kaki tebal
1psg
10
Sendal
1psg
11
Senter + korek api
1psg
12
Alat Shalat

13
Obat pribadi

14
Alat mandi

15
Snack pribadi

16
Note book, bolpoint,pensil

17
Mie instan
3bks
18
Alat makan
1paket
19
Alat masak(kmpr rimba, Misting)
1stel
20
Seragam olahraga
1
21
lilin

22
Tenda/ doom
/regu

formulir dapat di download DISINI






 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates